Jumat, 21 Desember 2012

MENJADI GURU


MENJADI GURU IBARAT MENJADI RATU KECANTIKAN
Oleh: Mimin Rusmiati, M.M.Pd
Menjadi ratu kecantikan tidak semudah yang dibayangkan ada beberapa syarat yang harus dimiliki, selain cantik, menarik juga harus pintar, cerdas dan memiliki pengetahuan serta wawasan yang luas. Begitu pula menjadi seorang guru ada beberapa syarat yang harus dimiliki seperti halnya menjadi ratu kecantikan, sebagaimana Permadi (2010:135) mengatakan, memilih guru ibarat memilih seorang ratu kecantikan. Menurut beliau seorang guru harus memiliki empat syarat seperti halnya syarat yang diperlukan untuk menjadi Miss World atau Miss Universe, yaitu Brain, beauty, body, dan behaviour.
Brain (otak), berarti guru harus cerdas, pintar, berwawasan luas, dan menguasai berbagai hal. Guru harus memiliki multiple intelligence atau kecerdasan majemuk, di antaranya :1) Kecerdasan verbal, seorang guru harus mampu menjadi seorang yang pandai berbicara dan berkomunikasi dengan siswa serta orang lain. Guru harus mampu menjelaskan berbagai hal, terutama menyangkut materi ajar sehingga peserta didik cepat mengerti apa yang diajarkannya. Dalam hal ini guru harus menjadi seorang good speaker (pembicara yang baik) untuk itu guru perlu menambah wawasan dengan banyak membaca, mengikuti seminar, berdiskusi dan meningkatkan ilmu pengetahuan dengan belajar atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bukankah pepatah mengatakan” Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan”. 2) Kecerdasan interpersonal, seorang guru harus mampu untuk tampil komunikatif, baik dalam pertemuan-pertemuan berskala kecil seperti diskusi-diskusi maupun dalam pertemuan yang lebih besar. Guru harus banyak bergaul dengan orang-orang yang baik sehingga akan berguna dalam menambah jaringan sosial dan pergaulan. Bagi guru sekolah dasar, hal ini dapat dilatih dan dibiasakan dalam kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru). Dalam kegiatan tersebut guru harus berani tampil dalam mengemukakan masalah-masalah yang dihadapi serta solusinya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pelatih, pembimbing dan penilai. 3) Kecerdasan kinestetik, seorang guru perlu memiliki keterampilan berolah raga dan menari. Gerak tubuh yang berkaitan dengan seni dan manari akan menarik untuk ditonton dan dilihat. 4) Kecerdasan spasial, seorang guru harus pandai dalam menata ruang, dalam hal ini ruangan kelas. Ciptakan ruangan kelas yang nyaman dan tidak membosankan, hiasilah dengan benda-benda atau lukisan yang berhubungan dengan materi ajar, sehingga menambah semangat peserta didik dalam belajar. 4) Kecerdasan Naturalis, Seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam ruangan kelas saja, tetapi juga dapat dilakukan di luar kelas dengan tujuan untuk mendorong siswa mencinta alam, misalnya, mengadakan karya wisata ke alam terbuka dengan perencanaan yang matang dan tentunya dibimbing oleh guru. 5) Kecerdasan Musikal, seorang guru perlu memiliki kepandaian dalam bernyanyi dan bermusik, terutama bagi guru SD sebagai guru borongan harus pandai bernyanyi dan mengajar bagaimana bernyanyi dengan baik dan benar. Untuk itu guru harus mencintai seni musik dan mau belajar untuk bisa, bukan asal bermain musik dan bernyanyi. 6) Kecerdasan Matematis, seorang guru harus memiliki kecerdasan dalam menghitung, sehingga guru bisa mengajar matematika yang baik dan benar. 8) Kecerdasan Intrapersonal, seorang guru harus memiliki kecerdasan dalam menata diri, dalam arti guru harus mampu bekerja sendiri dan mempelajari kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri. Jadikan kekurangan untuk memperbaiki diri dan jadikan kelebihan untuk mengembangkan diri dan membantu orang lain. 9) Kecerdasan Emosional, seorang guru harus pandai menata emosi diri dan dapat mengembangkan empati pada orang lain. Berdasarkan penelitian banyak orang yang berhasil dan meraih sukses dalam hidupnya bukan karena IQ (intellegence Quotient) yang tinggi melainkan karena EQ ( Emotional Quotient) yang tinggi. 10) Kecerdasan Spiritual, seorang guru harus mempunyai kecerdasan ini untuk lebih percaya diri, terutama dalam mengahadapi kesulitan atau permasalahan yang kompleks, sehingga guru tidak akan mengalami prustasi atau stres.
Beauty ( kecantikan), kita tidak menyangkal kalau kita menyukai orang yang tampil cantik dan tampan, begitu pula peserta didik mereka akan suka dan senang pada guru yang tampil cantik atau tampan. Penulis pernah mengalami ada peserta didik dengan polosnya mengatakan “Ibu cantik deh pakai baju ini”. Dengan demikian guru harus pandai memilih dan mengenakan busana yang tepat, walau tidak baru minimal rapih dan bersih. Bagi guru perempuan dalam berdandan dan berhias diri hendaknya tidak terlalu berlebihan, karena yang terpenting bukanlah kecantikan dari luar tetapi kecantikan dari dalam atau inner beauty yang tercermin dalam sikap yang sopan santun, ramah tamah, lemah lembut dan penuh perhatian, hal tersebut dapat menutupi kekurangan guru dalam hal kecantikan.
Body(badan), seorang guru perlu memperhatikan penampilan fisiknya, karena peserta didik sekarang sangat kritis dalam melihat gurunya. Guru harus pandai merawat badan sehingga badanya tidak over weigh (terlalu gemuk) dan tidak terlalu kurus seperti kekurangan gizi. Guru harus tampil segar dan sehat, untuk itu perlu berolah raga, menjaga pola makan dan menjaga kebugaran sehingga selalu fit tidak loyo, kurang bergairah dan sakit-sakitan.
Behavior (perilaku), guru hendaknya bertingkah dengan wajar tidak over acting, karena tingkah laku guru yang kurang tepat bisa menjadi cemoohan peserta didik. Seorang guru harus berperilaku yang baik, karena akan menjadi contoh bagi peserta didik. Penampilan guru dalam mengajar perlu dipelajari, untuk itu guru perlu belajar Body Language, yaitu gerakan dan isyarat badan dalam merspons sesuatu. Dalam mengajar guru tidak hanya duduk terpaku di kursi, tetapi guru harus mampu melakukan gerakan seperti berdiri dan berjalan ke arah yang tepat, supaya tidak membosankan peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru yang lincah mengisyaratkan bahwa ia energik, penuh gaya dan mempesona, sehingga dapat menumbuhkan gairah dan semangat peserta didik dalam belajar.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi inspirasi kita…..

Arti Ambisi


Arti Ambisi 
Ambisi adalah dorongan untuk mencapai hasil yang diperlihatkan dan dihargai oleh orang lain. Menurut ilmu jiwa, ”keberhasilan” dimaksudkan untuk mempertinggi rasa harga diri dan memperkuat kesadaran diri. Ambisi yang berlebihan (ambisius) mungkin merupakan alat untuk menutupi ketidakberhasilan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun perasaan rendah diri. Ambisi berbeda dengan cita-cita dan target. Ambisi adalah keinginan (hasrat, nafsu) yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (seperti pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu. Cita-cita adalah suatu keinginan (kehendak) yang selalu ada di dalam pikiran. Target adalah sasaran (batas ketentuan, dan sebagainya) yang telah ditetapkan untuk dicapai.
Motivasi untuk mencapai hasil bukanlah bawaan, tetapi dibentuk melalui pendidikan. Masyarakat kita yang berorientasi pada sukses dan prestasi, membuat orang tua mendorong ambisi anak dan muridnya. Akan tetapi, banyak orang tidak menyadari bahwa ambisi yang berlebihan merusak keberhasilan. R.G. Stennet dapat memperlihatkan bahwa, ambisi yang berlebihan memberi efek buruk terhadap hasil yang dicapai.
Ambisi yang berlebihan (ambisius) berakibat negatif, tidak hanya terhadap perkembangan kemampuan untuk berhasil, tetapi juga terhadap perkembangan sosial. Orang yang punya ambisi berlebihan cenderung egois dalam mencapai sasarannya. Oleh karena orang yang ambisius lebih memusatkan perhatian pada tujuannya sendiri tanpa memerhatikan tujuan orang lain, dan tidak terbuka pikirannya terhadap orang lain.
 Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia :
ambisi  keinginan (hasrat, nafsu) yg besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (spt pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu: ia mempunyai -- untuk menjadi duta besar; pengabdiannya penuh dedikasi, tanpa -- pribadi;
berambisi berkeinginan keras mencapai sesuatu (cita-cita dsb); mempunyai ambisi: regu bulu tangkis lawan merupakan tim yg sangat ~ dan perlu diperhitungkan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Sekolah        : .................................................
TEMA        :  AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER        : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU            : 6  kali pertemuan @ 5 JP/hari (6 hari)

STANDAR KOMPETENSI


BAHASA INDONESIA
    1,. SK:  (Mendengarkan) Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan
2., SK:  (Berbicara) Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,  dan deklamasi  
3.. SK:  (Membaca) Memahami teks pendek dengan membaca nyaring 
4,. SK:  (Menulis) Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin 
5., SK:  (Mendengarkan) Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng        
IPS    1.. SK : Memahami identitas diri  dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2., SK: Mendeskripsikan lingkungan rumah      
MATEMATIKA
    1., SK: (Bilangan) Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
2., SK: (Geometri dan Pengukuran) Menggunakan pengukuran waktu dan panjang      
PKn    1.,  SK: Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan      
IPA
    1,.  SK: (Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan) Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
3,.  SK: (Benda  dan Sifatnya) Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda      
ORJASKES    5,.  SK: Menerapkan budaya hidup sehat      
SENI BUDAYA    4,.  SK: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik      
AGAMA    3..  SK: (Agama) Membiasakan perilaku terpuji   





KOMPETENSI DASAR


BAHASA INDONESIA
    1.,1    Membedakan berbagai bunyi bahasa 
1.,2    Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.,3    Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
2.,1    Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.,2    Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
3..1    Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
4.,1    Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.,2    Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.,3    Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
5.,2    Menyebutkan  isi dongeng       
IPS
    1..1   Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
1..2   Menceriterakan  pengalaman diri
1..3   Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
1..4   Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga      
IPS    2,.1   Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga       
MATEMATIKA
    1.,1   Membilang banyak benda
1.,2   Mengurutkan banyak benda      
    2,.1   Menentukan waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)      
PKn
    1.,1  Menjelaskan perbedaan jenis     kelamin, agama, dan suku bangsa
1.,2  Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
1.,3  Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah      
IPA    1.,1  Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya      
    3.,1  Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan      
ORJASKES    5.,1  Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit      
SENI BUDAYA    4.,5  Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal      
AGAMA
    3..1  Membiasakan perilaku jujur
3..2  Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3..3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.,4 Membiasakan perilaku disiplin
   












INDIKATOR\


BAHASA INDONESIA
    Membedakan berbagai bunyi bahasa 
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
Menyebutkan  isi dongeng       
IPS
    Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Menceriterakan  pengalaman diri
Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga      
IPS    Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga       
MATEMATIKA
    Membilang banyak benda
Mengurutkan banyak benda      
    Menentukan waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)      
PKn
    Menjelaskan perbedaan jenis     kelamin, agama, dan suku bangsa
Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah      
IPA    Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya      
    Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan      
ORJASKES    Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit      
SENI BUDAYA    Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal      
AGAMA
    Membiasakan perilaku jujur
Membiasakan perilaku bertanggung jawab
Membiasakan perilaku hidup bersih
Membiasakan perilaku disiplin
   





TUJUAN


BAHASA INDONESIA
    Siswa dapat membedakan berbagai bunyi bahasa 
Siswa dapat melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Siswa dapat menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Siswa dapat menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Siswa dapat menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
Siswa dapat menyebutkan  isi dongeng       
IPS
    Siswa dapat mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Siswa dapat menceriterakan  pengalaman diri
Siswa dapat menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Siswa dapat menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga      
IPS    Siswa dapat menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga       
MATEMATIKA
    Siswa dapat membilang banyak benda
Siswa dapat mengurutkan banyak benda      
    Siswa dapat menentukan waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)      
PKn
    Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis     kelamin, agama, dan suku bangsa
Siswa dapat memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Siswa dapat menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah      
IPA    Siswa dapat mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya      
    Siswa dapat mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan      
ORJASKES    Siswa dapat menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit      
SENI BUDAYA    Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal      
AGAMA
    Siswa dapat membiasakan perilaku jujur
Siswa dapat membiasakan perilaku bertanggung jawab
Siswa dapat membiasakan perilaku hidup bersih
Siswa dapat membiasakan perilaku disiplin
   

MATERI


BAHASA INDONESIA
    Bunyi bahasa 
Identifikasi bunyi suara tertentu dengan tepat, seperti suara panggilan ibu dan nenek
Tokoh-tokoh dalam cerita
Cara memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Cara menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Cara membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Cara menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Cara menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Contoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
Isi dongeng       
IPS
    Identitas diri, keluarga, dan kerabat
Ceritera pengalaman diri
Kasih sayang antar anggota keluarga
Kikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga      
IPS    Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga       
MATEMATIKA
    Bilangan  banyak benda
Urutan banyak benda      
    Waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)      
PKn
    Perbedaan jenis     kelamin, agama, dan suku bangsa
Contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Sikap hidup rukun di rumah dan di sekolah      
IPA    Bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya      
    Benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan      
ORJASKES    Kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit      
SENI BUDAYA    Lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal      
AGAMA
    Perilaku jujur
Perilaku bertanggung jawab
Perilaku hidup bersih
Perilaku disiplin
   









VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan     : Cooperatif Learning
Metode     : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan


VII.   LANGKAH PEMBELAJARAN
  
PERTEMUAN  KE 1  (SATU)

1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (Nilai Religius)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2.   Kegiatan Inti
Meminta semua siswa mengamati gambar Keluarga Adi Yang terdiri dari ayah, ibu, Asih dan Adi. Guru menceritakan makna gambar, dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama masing-masing siswa (Eksplorasi, Nilai rasa ingin tahu)
Guru membacakan teks tentang “keluargaku” dan semua siswa menirukan cara membaca dengan lafal yang tepat (BI, IPS, Elaborasi, nilai ketertiban)
Menugaskan semua siswa untuk menyebutkan data dirinya (nama, kelas, sekolah dan tempat tinggal) dan anggota Keluarga yang tinggal dalam satu rumah dengan kalimat sederhana (PKn& IPS & BI, MAT, Eksplorasi, Nilai Peduli sosial dan lingkungan)
siapa nama panggilannya,
siapa nama panjang/lengkapnya
siapa nama ayahnya
dan ibunya (PKn, IPS & BI)
Memotivasi siswa agar berani menjawab pertanyaan guru
Mengajak semua siswa menyanyi lagu “Disini Senang” untuk mengkondisikan suasana senang dan siswa tidak takut kepada guru

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa ( reliqius )untuk mengakhiri pelajaran

SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)

PENILAIAN
Jenis Penilaian (lisan dan tulis)
Teknis Penilaian (obyektif tes, subyektif tes, unjuk kerja, tingkah laku)
Bentuk Penilaian (tes dan non tes)



PERTEMUAN KE  2  (DUA)
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Bertanya jawab tentang syair lagu
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama lanjutan (Tema: Aku Dan Keluargaku)

2.   Kegiatan Inti
Bertanya jawab tentang nama-nama siswa, nama panggilannya, nama panjangnya, atau juga nama anggota keluarganya yang diketahui.(IPS, PKn, BI, Eksplorasi, Nilai peduli sosial)
Semua siswa ditugaskan untuk berkenalan dengan teman sebangkunya (dengan menyebutkan namanya, nama panggilannya, apabila memungkinkan juga dimana alamat rumahnya) .(IPS, PKn, BI, Eksplorasi, Nilai peduli sosial)
Semua siswa diminta mengamati  contoh huruf sambung dan contoh huruf lepas, serta cara penulisannya.
Setiap  siswa belajar menulis data dirinya di buku masing-masing, untuk mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana (PKn & IPS & BI, Eksplorasi, Nilai rasa ingin tahu).
Semua hasil tulisan di buku siswa dikumpulkan untuk diberi catatan-catatan cra menulis yang benar
Guru menunjukkan gambar atau foto keluarga dan bertanya jawab tentang isi foto
Bertanya jawab apakah siswa mempunyai foto juga seperti keluarga (Eksplorasi, Nilai rasa ingin tahu)
Meminta siswa yang berani, kalau tidak berani sendirian, bisa dua atau tiga anak) untuk menyanyi lagu yang mereka bisa nyanyikan. Yang lain bertepuk tangan memberi semangat
Guru bercerita bahwa dilingkungan  sekitar siswa ada mahluk lain yaitu :

Ada manusia (teman sekelasnya, ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek dsb)
Ada hewan (kucing, burung, ayam, kambing dsb)
Ada tumbuhan (bunga, rumput, mangga, dsb)
Guru meminta semua siswa mengamati lingkungan sekitar sekolah untuk membuktikan penjelasannya.
Semua siswa secara klasikal diajak mengidentifikasi nama-nama benda yang ada di lingkungan sekitar

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa ( religius )untuk mengakhiri pelajaran

SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)



PENILAIAN
Jenis Penilaian (lisan dan tulis)
Teknis Penilaian (obyektif tes, subyektif tes, unjuk kerja, tingkah laku)
Bentuk Penilaian (tes dan non tes)


PERTEMUAN  KE  3  (TIGA)

1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik Ke Puncak Gunung” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan dengan pengalaman siswa, apakah pernah pergi ke tempat rekreasi di puncak gunung?
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama lanjutan (Tema: Aku Dan Keluargaku)

2.   Kegiatan Inti
Bertanya jawab tentang nama-nama teman sebangkunya, dan nama-nama anggota keluarganya (ayah, ibu, adik kakak, kakek dan nenek dsb) untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya.
Bertanya jawab tentang keadaan keluarga siswa, apakah ayah dan ibu dengan anak-anak, saling menyayangi, guru bercerita tentang keluarga yang saling menyayangi  dan bagaimana hubungan kasih sayang di rumah yang baik (PKn, IPS & BI, Eksplorasi, Nilai peduli sosial dan cinta damai)
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ”Satu-Satu” sambil menggerakkan badannya
Memanggil salah satu siswa untuk bercerita tentang kasih sayang di keluarganya (untuk melatih keberanian dalam mengungkapkan isi hatinya) (PKn, IPS & BI, Eksplorasi, Nilai Cinta Damai)
Guru bercerita  bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan
Ada Laki-laki dan Ada perempuan
Ayah yang sudah tua
Ada yang masih anak-anak
Ada yang senang olah raga
Ada yang senang menyanyi
Di dalam keluarga haruslah saling menyayangi, mengasihi, tidak bertengkar satu sama lain dsb
Guru menunjukkan gambar tentang suasana keluarga dan bertanya jawab tentang maknanya secara umum.
Menugaskan siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku, membahas tentang gambar sikap orang tua terhadap anak, sikap terhadap teman yang berbeda jenis kelamin (PKn, IPS & BI)

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa ( religius )untuk mengakhiri pelajaran

SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)

PENILAIAN
Jenis Penilaian (lisan dan tulis)
Teknis Penilaian (obyektif tes, subyektif tes, unjuk kerja, tingkah laku)
Bentuk Penilaian (tes dan non tes)








PERTEMUAN KE   4  (EMPAT)
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama lanjutan  (Tema : Aku Dan Keluargaku)

2. Kegiatan Inti
Bertanya  jawab membahas anggota keluarga di rumah (keluarga inti dan keluarga tambahan : ( PKn, Mat, IPS & BI, eksplorasi, rasa ingin tahu)
Guru memberikan wawasan bahwa semua orang pasti mempunyai nama, punya orang tua, punya kerabat seperti paman/om, tante/bibi, kakek dan nenek dsb
Semua siswa ditugaskan untuk belajar menulis nama keluarga inti dan keluarga tambahan yang ada di rumah masing-masing siswa dan alamat rumah (PKn, Mat, IPS, BI, elaborasi, mandiri)
Nama paman (adik ayah/ibu)
Nama bibi/tante (adik ayah/ibi)
Nama kakek
Nama nenek
Bertanya jawab tentang sikap kasih sayang terhadap keluarga di rumah, dan menunjuk salah satu siswa untuk bercerita di depan kelas
Guru bercerita bahwa di dunia ini ada beberapa perbedaan suku, dan agama dan pakaian adatnya
Ada yang suku jawa
Ada yang suku madura
Ada yang suku sunda
Ada yang suku batak
Ada yang suku osing
Dan sebagainya
Bertanya jawab tentang cerita macam-macam suku di Indonesia
Guru menyimpulkan pelajaran dengan mengamati keberanian siswa menjawab pertanyaan guru


3.   Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)

PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)

PERTEMUAN KE  5  (LIMA)
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama lanjutan  (Tema: Aku Dan Keluargaku)

2. Kegiatan Inti
Bertanya jawab tentang nama-nama suku dan agama yang ada di Indonesia
Guru membacakan teks tentang ”Perbedaan Suku dan Agama”. semua siswa menirukan membaca. Siswa diminta membaca sambil memahami huruf dan tulisannya (BI, PKn, disiplin, elaborasi)
Bertanya jawab apa suku dan agama para siswa yang ada di kelas 1 ini.
Semua  siswa diharuskan saling menghargai meskipun berbeda suku, adat, agama dan bahasa daerahnya
Menugaskan semua siswa berkelompok dengan teman sebangkunya dan berdiskusi tentang suku bangsa siswa yang bersangkutan. (sama atau tidak), perbedaan kesukaannya pada makanan
Kesukaan buah apa..?
Kesukaan makanananya apa?
Kesukaan kue apa?
Kesukaan baju warna apa?
Kesukaan sepatu warna apa?
dsb
Guru bercerita bahwa di rumah, kemungkinan  ada yang, berbeda kesukaan, berbeda suku dan sebagainya dan bagaimana seharusnya sikap yang baik (PKn, Mat, IPS, BI, Eksplorasi, nilai cinta damai)
Bertanya jawab apa saja kesukaan anak-anak dalam melihat acara TV. Dan apakah kesukaan adik/kakak? Apa kesukaan ayah kalau nonton TV dsb
Guru mengakhiri pelajaran dengan membuat klarifikasi dari hasil diskusi siswa

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)

PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)


PERTEMUAN KE  6  (ENAM)
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.(Religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Nama-Nama Hari” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)




2. Kegiatan Inti
Bertanya jawab tentang nama-nama hari dan hari ini hari apa? Pelajaran/tema yang akan dipelajari apa? Materi yang sudah dipelajari sebelumnya apa saja.?
Siswa dikondisikan untuk mengekspresikan diri
Guru menunjukkan macam-macam bentuk garis (ada garis lurus, lengkung, bintik, dan ada aneka bentuk:
bulat,
segitiga,
segi empat,
segi panjang dsb)
Semua siswa ditugaskan  mengamati gambar, dan menjiplak garis, bentuk, warna, bintik dan bidang serta menyebutkan warna-warnanya di buku masing-2 (BI, Eksplorasi, Nilai disiplin)
Siswa ditugaskan untuk menirukan/membuat macam-macam garis di bukunya
Siswa menyebut nama-nama kotak, panjang, dsb
Terakhir semua siswa diminta melaksanakan nilai positif ”Berbudi Pekerti”   dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti  dari guru

3.  Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

 ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)

PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)



Mengetahui,                        Guru Kelas 1



Kepala Sekolah





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Sekolah        : SD MANDALA 01
TEMA        : AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER        : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU            : 6  kali pertemuan @ 5 JP/hari (6 hari)
PERTEMUAN         : 7 s.d 12

I    STANDAR KOMPETENSI


BAHASA INDONESIA
    1,. SK:  (Mendengarkan) Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan
2., SK:  (Berbicara) Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,  dan deklamasi  
3.. SK:  (Membaca) Memahami teks pendek dengan membaca nyaring 
4,. SK:  (Menulis) Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin 
5., SK:  (Mendengarkan) Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng        
IPS    1.. SK : Memahami identitas diri  dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2., SK: Mendeskripsikan lingkungan rumah      
MATEMATIKA
    1., SK: (Bilangan) Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
2., SK: (Geometri dan Pengukuran) Menggunakan pengukuran waktu dan panjang      
PKn    1.,  SK: Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan      
IPA
    1,.  SK: (Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan) Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
3,.  SK: (Benda  dan Sifatnya) Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda      
ORJASKES    5,.  SK: Menerapkan budaya hidup sehat      
SENI BUDAYA    4,.  SK: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik      
AGAMA    3..  SK: (Agama) Membiasakan perilaku terpuji   





KOMPETENSI DASAR


BAHASA INDONESIA
    1.,1    Membedakan berbagai bunyi bahasa 
1.,2    Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.,3    Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
2.,1    Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.,2    Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
3..1    Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
4.,1    Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.,2    Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.,3    Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
5.,2    Menyebutkan  isi dongeng       
IPS
    1..1   Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
1..2   Menceriterakan  pengalaman diri
1..3   Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
1..4   Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga      
IPS    2,.1   Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga       
MATEMATIKA
    1.,1   Membilang banyak benda
1.,2   Mengurutkan banyak benda      
    2,.1   Menentukan waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)      
PKn
    1.,1  Menjelaskan perbedaan jenis     kelamin, agama, dan suku bangsa
1.,2  Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
1.,3  Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah      
IPA    1.,1  Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya      
    3.,1  Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan      
ORJASKES    5.,1  Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit      
SENI BUDAYA    4.,5  Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal      
AGAMA
    3..1  Membiasakan perilaku jujur
3..2  Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3..3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.,4 Membiasakan perilaku disiplin
   












III.   INDIKATOR


BAHASA INDONESIA
    Membedakan berbagai bunyi bahasa 
MMelaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
Menyebutkan  isi dongeng       
IPS
    Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Menceriterakan  pengalaman diri
Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga      
IPS    Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga       
MATEMATIKA
    Membilang banyak benda
Mengurutkan banyak benda      
    Menentukan waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)      
PKn
    Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah      
IPA    Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya      
    Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan      
ORJASKES    Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit      
SENI BUDAYA    Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal      
AGAMA
    Membiasakan perilaku jujur
Membiasakan perilaku bertanggung jawab
Membiasakan perilaku hidup bersih
Membiasakan perilaku disiplin
   



IV.   TUJUAN


BAHASA INDONESIA
    Siswa dapat membedakan berbagai bunyi bahasa 
Siswa dapat melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Siswa dapat menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Siswa dapat menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Siswa dapat menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
Siswa dapat menyebutkan  isi dongeng       
IPS
    Siswa dapat mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Siswa dapat menceriterakan  pengalaman diri
Siswa dapat menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Siswa dapat menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga      
IPS    Siswa dapat menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga       
MATEMATIKA
    Siswa dapat membilang banyak benda
Siswa dapat mengurutkan banyak benda      
    Siswa dapat menentukan waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)      
PKn
    Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis     kelamin, agama, dan suku bangsa
Siswa dapat memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Siswa dapat menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah      
IPA    Siswa dapat mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya      
    Siswa dapat mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan      
ORJASKES    Siswa dapat menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit      
SENI BUDAYA    Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal      
AGAMA
    Siswa dapat membiasakan perilaku jujur
Siswa dapat membiasakan perilaku bertanggung jawab
Siswa dapat membiasakan perilaku hidup bersih
Siswa dapat membiasakan perilaku disiplin
   




V.   MATERI



BAHASA INDONESIA
    Bunyi bahasa 
Identifikasi bunyi suara tertentu dengan tepat, seperti suara panggilan ibu dan nenek
Tokoh-tokoh dalam cerita
Cara memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Cara menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Cara membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Cara menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Cara menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Contoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
Isi dongeng       
IPS
    Identitas diri, keluarga, dan kerabat
Ceritera pengalaman diri
Kasih sayang antar anggota keluarga
Kikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga      
IPS    Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga       
MATEMATIKA
    Bilangan  banyak benda
Urutan banyak benda      
    Waktu (pagi, siang, malam),   hari, dan jam (secara bulat)      
PKn
    Perbedaan jenis     kelamin, agama, dan suku bangsa
Contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Sikap hidup rukun di rumah dan di sekolah      
IPA    Bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya      
    Benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan      
ORJASKES    Kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit      
SENI BUDAYA    Lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal      
AGAMA
    Perilaku jujur
Perilaku bertanggung jawab
Perilaku hidup bersih
Perilaku disiplin
   








VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan     : Cooperatif Learning
Metode     : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan


VII.   LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE  7  (TUJUH)

1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (Religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)

2.   Kegiatan Inti
Semua  siswa ditugaskan mengamati gambar dan bertanya jawab tentang siapa saja yang ada dalam gambar tersebut. Berapa jumlah orang dalam gambar
Semua siswa ditugaskan untuk menyelesaikan gambarnya dengan cara menghubungkan titik-2 serta memberi warna. (PKn & PS, BI, MAT & SENI-BUDAYA, eksplorasi, disiplin)
Menugaskan siswa berkelompok dengan cara mencari pasangan
adik +kakak;
kakek +nenek;
Ayah + Ibu
Semua siswa mencari pasangannya dan setelah menemukan pasangannya (kelompok berpasangan) ditugaskan mengerjakan unsur rupa  pada tabel di
Hasil pekerjaan diwarnai dan dikumpulkan kepada guru sebagai bagian dari portofolio.
Mengajak semua siswa menyanyikan lagu “dua Mata saya”
Setelah semua siswa lancar menyanyi, diiringi tepuk tangan serempak (dikomando guru agar kompak). Kekompakan ini untuk mengawali ketercapaian indikator musik pada Mata pelajaran Kertakes. (BI, ORJAS, SENI-BUDAYA, MATEMATIKA & IPA, elaborasi, rasa ingin tahu).
Mengelompokkan siswa dengan teman sebangkunya diminta mengerjakan table  dengan mengacu pada gambar keluarga
Selanjutnya semua ditugaskan untuk mengidentifikasi  macam-macam indera sebagaimana pada lagu yang telah dinyanyikan diatas, dan meminta semua siswa belajar menulis tentang kegunaan setiap anggota tubuh.
Mata jumlah ada …. Gunanya untuk apa
Hidung ada …. Gunanya untuk ….
Telinga ada …. Gunanya untuk ….
Kaki ada …. Gunanya untuk ….
Dan seterusnya (Elaborasi, nilai rasa Ingin tahu )
Untuk pemahaman, dapat memanggil beberapa siswa untuk demontrasi menunjukkan bagian-bagian tubuhnya (BI, Orjaskes, Seni Budaya, MAT & IPA).
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” atau karakter bangsa dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


3.    Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)

PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)







PERTEMUAN KE 8  (DELAPAN)

LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (Religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)

2.   Kegiatan Inti
Mengajak semua siswa mengamati gambar anggota tubuh yang perlu dirawat dengan baik seperti:
Rambut harus keramas
Mata diberi penyegar/vitamin
Telinga dibersihkan
Gigi disikat
Kuku dipotong
Tangan yang ktoro harus dicuci
Alat-alat makan harus dicuci
Dan sebagainya

2) Bertanya jawab mengapa semua itu harus dilakukan? Dan bagaimana cara melakukannya.
3) Pada Bagian “Ayo Bercerita” siswa ditugaskan untuk membawa foto (bisa ibu, ayah, kakek atau siapa saja yang dikenal siswa) dan ditempelkan di dalam kotak. Siswa diminta mengamati kartu huruf
Semua siswa  diajak bermain kartu huruf dengan cara mengambil kartu huruf dan menyebutkannya di depan kelas (dengan cara dilombakan, siapa yang paling banyak menyebutkan kartu huruf akan mendapat hadiah permen) Setelah  selesai berlomba
Semua siswa ditugaskan untuk menempelkan huruf-huruf itu di bahwa foto yang ada, sambil membacanya keras-keras, dan semua siswa ditugaskan menuliskannya di buku catatannya masing-masing dengan huruf sambung
sesuai petunjuk atau contoh dari guru (BI, PKn, Mat,  IPS, IPA,Orkes, Eksplorasi, elaborasi, mandiri)
Siswa dikelompokkan dengan cara  mencari pasangan sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya,
Setelah mendapatkan pasangannya, semua pasangan ditugaskan mengamati gambar, dan menceritakan peristiwa yang ada pada gambar bersama pasangannya.
Setelah diperoleh ceritanya, semua siswa diminta kembali ke bangkunya sendiri, kemudian ditugaskan saling menceritakan peristiwa gambar tersebut kepada teman sebangkunya (apakah cerita yang dibangun dengan teman pasangan tadi sama dengan yang diceritakan kepada teman sebangkunya atau tidak) (BI, (BI, PKn, Mat,  IPS, IPA,Orkes, eksplorasi, elaborasi, tanggung jawab)
Semua kelompok pasangan ditugaskan mengerjakan tugas dan mendeskripsikan nama benda-benda yang ada dan warnanya
Bertanya jawab dengan siswa (diskusi kelas) membahas peristiwa dalam gambar, apakah siswa pernah mengalami sebagaimana pada gambar tersebut.? Dan apa yang harus dilakukan anak .? (Pengembangan  cerita siswa) (MAT, BI, (BI, PKn, Mat,  IPS, IPA,Orkes, eksplorasi, elaborasi dan nilai mandiri)
Bagian “Ayo Berhitung” mengajak siswa untuk memahami Matematika dengan cara mengamati gambar, Guru menceritakan makna gambar dan bertanya jawab untuk mengidentifikasi siapa saja yang ada pada gambar. Bertanya jawab tentang isi peristiwa dalam gambar, berapa jumlah yang membaca  surat kabar, membaca majalah dan seterusnya. (BI, PKn, Mat,  IPS, IPA,Orkes, konfirmasi, tanggung jawab, mandiri)
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” dan Karakter bangsa, diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.


3.    Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

    ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)

  PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)


PERTEMUAN KE  9  (SEMBILAN) 

VII.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)

2.   Kegiatan Inti
Semua siswa diajak bertanya jawab untuk menjawab pertanyaan bagian “Ayo berhitung”
Semua siswa ditugaskan untuk berlatih menulis angka-angka bilangan 1 sampai dengan 5 dan menyebutkan berapa banyak jumlah orang dalam gambar. Sambil membandinghkan mana yang jumlahnya lebih banyak, lebih sedikit. Dan menugaskan semua untuk:
Menulis jumlah orang dengan angka
menulis lambang bilangan
cara menulis
cara membaca
semua siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya dan ditugaskan untuk mengamati gambar dan mengerjakan soal-soalnya.
Semua siswa ditugaskan untuk memperhatikan gambar, dan menulis angka di dalam kotak
Untuk menghilangkan kejenuhan, semua siswa diajak ber main-main pada bagian “Ayo Bermain”, semua siswa diminta berkelompok dengan teman sebangkunya mengamati gambar dan mencari mana yang salah pada gambar tersebut. Memanggil salah satu siswa untuk bercerita di depan kelas (yang berani maju) (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, nilai kerjasama)
Bagian “Cakrawala” Guru memberikan wawasan tambahan kepada siswa bahwa yang berbunyi “satu” bisa diganti dengan angka “1“, “dua” bisa diganti dengan angka “2” dan seterusnya. (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, eksplorasi, )
Semua siswa ditugaskan belajar menulis angka atau lambang bilangan secara urut 1 sampai dengan 5 dan bagaimana cara membacanya, dibaca keras-keras bersama-sama, sambil diminta mengamati gambarnya. Kemudian dilanjutnya membandingkan mana yang lebih banyak, dan mana yang lebih sedikit  jumlahnya (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, elaborasi, nilai mandiri)
Untuk pengembangan semua siswa diajak mengamati lingkungan kelas, dan menunjuk gambar-gambar atau diajak menghitung jumlah papan, bangku, kursi dan sebagainya. Untuk menyebutkan banyak benda, dan membandingkannya. (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, eksplorasi dan elaborasi, nilai peduli lingkungan)
Semua siswa ditugaskan mengerjakan soal dengan cara di pandu guru secara lisan, (siswa yang mengamati gambar dan guru memberikan pertanyaan/membacakan soalnya) bisa menunjuk siswa secara bergantian atau menunjuk siswa yang berani angkat tangan. Setelah dirasa sebagian besar siswa dapat memahami dan menjawab soal, dilanjutkan belajar menuliskan jawabannya pada kertas atau buku siswa. Semua jawaban siswa dikumpulkan untuk salah satu bahan portofolio. (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, konfirmasi, tanggung jawab)
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)

PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)



PERTEMUAN KE   10  (SEPULUH)

VII.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)

2.   Kegiatan Inti
Semua siswa diminta mengamati gambar pada bagian “Ayo Belajar” dan mengerjakan soalnya
Siapa nama ibu
Nama ayah
Nama bibi
Nama paman
Dan seterusnya
Bagian “Berbudi Pekerti” Guru membiasakan dan menceritakan bagaimana seharusnya bersikap di dalam keluarga, dngan teman, dengan guru dan sebagainya
Setelah semua siswa menuliskan nama-nama anggota keluarganya sesuai dengan kata dalam daun (misalnya kata ayah, dibawahnya ditulis nama ayahnya sendiri,
Dan semua siswa diajak menghitung berapa jumlah daunnya,
Di atas pohon ada burung, berapa jumlahnya
dan siapa yang menciptakannya. Di selingi dengan dinamika dan menyanyikan lagu “Satu-Satu aku sayang ibu…” (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama, nilai cinta damai)
semua siswa diajak bertanya jawab tentang materi-materi sebelumnya
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” /karakter bangsa dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.









3.   Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)

  PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)


PERTEMUAN KE   11  (SEBELAS)

VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.   Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Nama-nama Rasa” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama lanjutan (Aku Dan Keluargaku)

2.   Kegiatan Inti

Semua siswa diminta mengamati gambar dan diajak mengidentifikasi nama-nama anggota tubuh
Nama anggota tubuh (mata, tangan, hidung, mulut dsb)
Kegunaan anggota tubuh
Jumlah anggota tubuh
Dan sebagainya
Semua siswa diminta berkelompok dengan teman sebangkunya dan belajar menulis hal-hal sebagai berikut:. (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama,  nilai komunikasi/persahabatan, toleransi,  eksplorasi)
Nama diri sendiri (nama panjang dan nama panggilan)
Nama orang tua (ayah dan ibu)
Nama kakek dan nenek  (dari ayah dan dari ibu)
Nama paman dan bibi (dari ayah dan dari ibu)
Bertanya jawab bahwa semua yang ada di dunia ini ada yang menciptakannya dan siapa yang menciptakannya.
Mengajak semua siswa berdinamika dan menyanyikan lagu “Satu-Satu aku sayang ibu…” (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama, nilai cinta damai)
Mengadakan penilaian tertulis dan lisan
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” /karakter bangsa dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)


  PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)