RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Sekolah : .................................................
TEMA : AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU : 6 kali pertemuan @ 5 JP/hari (6 hari)
STANDAR KOMPETENSI
BAHASA INDONESIA
1,. SK: (Mendengarkan) Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
2., SK: (Berbicara) Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi
3.. SK: (Membaca) Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
4,. SK: (Menulis) Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
5., SK: (Mendengarkan) Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
IPS 1.. SK : Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2., SK: Mendeskripsikan lingkungan rumah
MATEMATIKA
1., SK: (Bilangan) Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
2., SK: (Geometri dan Pengukuran) Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
PKn 1., SK: Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
IPA
1,. SK: (Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan) Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
3,. SK: (Benda dan Sifatnya) Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
ORJASKES 5,. SK: Menerapkan budaya hidup sehat
SENI BUDAYA 4,. SK: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
AGAMA 3.. SK: (Agama) Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
1.,1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
1.,2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.,3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
2.,1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.,2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
3..1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
4.,1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.,2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.,3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
5.,2 Menyebutkan isi dongeng
IPS
1..1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
1..2 Menceriterakan pengalaman diri
1..3 Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
1..4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
IPS 2,.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
MATEMATIKA
1.,1 Membilang banyak benda
1.,2 Mengurutkan banyak benda
2,.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
PKn
1.,1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
1.,2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
1.,3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
IPA 1.,1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
3.,1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
ORJASKES 5.,1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
SENI BUDAYA 4.,5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
AGAMA
3..1 Membiasakan perilaku jujur
3..2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3..3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.,4 Membiasakan perilaku disiplin
INDIKATOR\
BAHASA INDONESIA
Membedakan berbagai bunyi bahasa
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
Menyebutkan isi dongeng
IPS
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Menceriterakan pengalaman diri
Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
IPS Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
MATEMATIKA
Membilang banyak benda
Mengurutkan banyak benda
Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
PKn
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
IPA Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
ORJASKES Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
SENI BUDAYA Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
AGAMA
Membiasakan perilaku jujur
Membiasakan perilaku bertanggung jawab
Membiasakan perilaku hidup bersih
Membiasakan perilaku disiplin
TUJUAN
BAHASA INDONESIA
Siswa dapat membedakan berbagai bunyi bahasa
Siswa dapat melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Siswa dapat menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Siswa dapat menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
Siswa dapat menyebutkan isi dongeng
IPS
Siswa dapat mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Siswa dapat menceriterakan pengalaman diri
Siswa dapat menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Siswa dapat menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
IPS Siswa dapat menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
MATEMATIKA
Siswa dapat membilang banyak benda
Siswa dapat mengurutkan banyak benda
Siswa dapat menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
PKn
Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Siswa dapat memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Siswa dapat menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
IPA Siswa dapat mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
Siswa dapat mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
ORJASKES Siswa dapat menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
SENI BUDAYA Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
AGAMA
Siswa dapat membiasakan perilaku jujur
Siswa dapat membiasakan perilaku bertanggung jawab
Siswa dapat membiasakan perilaku hidup bersih
Siswa dapat membiasakan perilaku disiplin
MATERI
BAHASA INDONESIA
Bunyi bahasa
Identifikasi bunyi suara tertentu dengan tepat, seperti suara panggilan ibu dan nenek
Tokoh-tokoh dalam cerita
Cara memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Cara menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Cara membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Cara menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Cara menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Contoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
Isi dongeng
IPS
Identitas diri, keluarga, dan kerabat
Ceritera pengalaman diri
Kasih sayang antar anggota keluarga
Kikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
IPS Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
MATEMATIKA
Bilangan banyak benda
Urutan banyak benda
Waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
PKn
Perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Sikap hidup rukun di rumah dan di sekolah
IPA Bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
Benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
ORJASKES Kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
SENI BUDAYA Lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
AGAMA
Perilaku jujur
Perilaku bertanggung jawab
Perilaku hidup bersih
Perilaku disiplin
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Cooperatif Learning
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 1 (SATU)
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (Nilai Religius)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Meminta semua siswa mengamati gambar Keluarga Adi Yang terdiri dari ayah, ibu, Asih dan Adi. Guru menceritakan makna gambar, dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama masing-masing siswa (Eksplorasi, Nilai rasa ingin tahu)
Guru membacakan teks tentang “keluargaku” dan semua siswa menirukan cara membaca dengan lafal yang tepat (BI, IPS, Elaborasi, nilai ketertiban)
Menugaskan semua siswa untuk menyebutkan data dirinya (nama, kelas, sekolah dan tempat tinggal) dan anggota Keluarga yang tinggal dalam satu rumah dengan kalimat sederhana (PKn& IPS & BI, MAT, Eksplorasi, Nilai Peduli sosial dan lingkungan)
siapa nama panggilannya,
siapa nama panjang/lengkapnya
siapa nama ayahnya
dan ibunya (PKn, IPS & BI)
Memotivasi siswa agar berani menjawab pertanyaan guru
Mengajak semua siswa menyanyi lagu “Disini Senang” untuk mengkondisikan suasana senang dan siswa tidak takut kepada guru
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa ( reliqius )untuk mengakhiri pelajaran
SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Jenis Penilaian (lisan dan tulis)
Teknis Penilaian (obyektif tes, subyektif tes, unjuk kerja, tingkah laku)
Bentuk Penilaian (tes dan non tes)
PERTEMUAN KE 2 (DUA)
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Bertanya jawab tentang syair lagu
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama lanjutan (Tema: Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Bertanya jawab tentang nama-nama siswa, nama panggilannya, nama panjangnya, atau juga nama anggota keluarganya yang diketahui.(IPS, PKn, BI, Eksplorasi, Nilai peduli sosial)
Semua siswa ditugaskan untuk berkenalan dengan teman sebangkunya (dengan menyebutkan namanya, nama panggilannya, apabila memungkinkan juga dimana alamat rumahnya) .(IPS, PKn, BI, Eksplorasi, Nilai peduli sosial)
Semua siswa diminta mengamati contoh huruf sambung dan contoh huruf lepas, serta cara penulisannya.
Setiap siswa belajar menulis data dirinya di buku masing-masing, untuk mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana (PKn & IPS & BI, Eksplorasi, Nilai rasa ingin tahu).
Semua hasil tulisan di buku siswa dikumpulkan untuk diberi catatan-catatan cra menulis yang benar
Guru menunjukkan gambar atau foto keluarga dan bertanya jawab tentang isi foto
Bertanya jawab apakah siswa mempunyai foto juga seperti keluarga (Eksplorasi, Nilai rasa ingin tahu)
Meminta siswa yang berani, kalau tidak berani sendirian, bisa dua atau tiga anak) untuk menyanyi lagu yang mereka bisa nyanyikan. Yang lain bertepuk tangan memberi semangat
Guru bercerita bahwa dilingkungan sekitar siswa ada mahluk lain yaitu :
Ada manusia (teman sekelasnya, ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek dsb)
Ada hewan (kucing, burung, ayam, kambing dsb)
Ada tumbuhan (bunga, rumput, mangga, dsb)
Guru meminta semua siswa mengamati lingkungan sekitar sekolah untuk membuktikan penjelasannya.
Semua siswa secara klasikal diajak mengidentifikasi nama-nama benda yang ada di lingkungan sekitar
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa ( religius )untuk mengakhiri pelajaran
SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Jenis Penilaian (lisan dan tulis)
Teknis Penilaian (obyektif tes, subyektif tes, unjuk kerja, tingkah laku)
Bentuk Penilaian (tes dan non tes)
PERTEMUAN KE 3 (TIGA)
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik Ke Puncak Gunung” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Bertanya jawab tentang syair lagu dikaitkan dengan pengalaman siswa, apakah pernah pergi ke tempat rekreasi di puncak gunung?
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama lanjutan (Tema: Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Bertanya jawab tentang nama-nama teman sebangkunya, dan nama-nama anggota keluarganya (ayah, ibu, adik kakak, kakek dan nenek dsb) untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya.
Bertanya jawab tentang keadaan keluarga siswa, apakah ayah dan ibu dengan anak-anak, saling menyayangi, guru bercerita tentang keluarga yang saling menyayangi dan bagaimana hubungan kasih sayang di rumah yang baik (PKn, IPS & BI, Eksplorasi, Nilai peduli sosial dan cinta damai)
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ”Satu-Satu” sambil menggerakkan badannya
Memanggil salah satu siswa untuk bercerita tentang kasih sayang di keluarganya (untuk melatih keberanian dalam mengungkapkan isi hatinya) (PKn, IPS & BI, Eksplorasi, Nilai Cinta Damai)
Guru bercerita bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan
Ada Laki-laki dan Ada perempuan
Ayah yang sudah tua
Ada yang masih anak-anak
Ada yang senang olah raga
Ada yang senang menyanyi
Di dalam keluarga haruslah saling menyayangi, mengasihi, tidak bertengkar satu sama lain dsb
Guru menunjukkan gambar tentang suasana keluarga dan bertanya jawab tentang maknanya secara umum.
Menugaskan siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku, membahas tentang gambar sikap orang tua terhadap anak, sikap terhadap teman yang berbeda jenis kelamin (PKn, IPS & BI)
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa ( religius )untuk mengakhiri pelajaran
SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Jenis Penilaian (lisan dan tulis)
Teknis Penilaian (obyektif tes, subyektif tes, unjuk kerja, tingkah laku)
Bentuk Penilaian (tes dan non tes)
PERTEMUAN KE 4 (EMPAT)
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama lanjutan (Tema : Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Bertanya jawab membahas anggota keluarga di rumah (keluarga inti dan keluarga tambahan : ( PKn, Mat, IPS & BI, eksplorasi, rasa ingin tahu)
Guru memberikan wawasan bahwa semua orang pasti mempunyai nama, punya orang tua, punya kerabat seperti paman/om, tante/bibi, kakek dan nenek dsb
Semua siswa ditugaskan untuk belajar menulis nama keluarga inti dan keluarga tambahan yang ada di rumah masing-masing siswa dan alamat rumah (PKn, Mat, IPS, BI, elaborasi, mandiri)
Nama paman (adik ayah/ibu)
Nama bibi/tante (adik ayah/ibi)
Nama kakek
Nama nenek
Bertanya jawab tentang sikap kasih sayang terhadap keluarga di rumah, dan menunjuk salah satu siswa untuk bercerita di depan kelas
Guru bercerita bahwa di dunia ini ada beberapa perbedaan suku, dan agama dan pakaian adatnya
Ada yang suku jawa
Ada yang suku madura
Ada yang suku sunda
Ada yang suku batak
Ada yang suku osing
Dan sebagainya
Bertanya jawab tentang cerita macam-macam suku di Indonesia
Guru menyimpulkan pelajaran dengan mengamati keberanian siswa menjawab pertanyaan guru
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
PERTEMUAN KE 5 (LIMA)
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama lanjutan (Tema: Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Bertanya jawab tentang nama-nama suku dan agama yang ada di Indonesia
Guru membacakan teks tentang ”Perbedaan Suku dan Agama”. semua siswa menirukan membaca. Siswa diminta membaca sambil memahami huruf dan tulisannya (BI, PKn, disiplin, elaborasi)
Bertanya jawab apa suku dan agama para siswa yang ada di kelas 1 ini.
Semua siswa diharuskan saling menghargai meskipun berbeda suku, adat, agama dan bahasa daerahnya
Menugaskan semua siswa berkelompok dengan teman sebangkunya dan berdiskusi tentang suku bangsa siswa yang bersangkutan. (sama atau tidak), perbedaan kesukaannya pada makanan
Kesukaan buah apa..?
Kesukaan makanananya apa?
Kesukaan kue apa?
Kesukaan baju warna apa?
Kesukaan sepatu warna apa?
dsb
Guru bercerita bahwa di rumah, kemungkinan ada yang, berbeda kesukaan, berbeda suku dan sebagainya dan bagaimana seharusnya sikap yang baik (PKn, Mat, IPS, BI, Eksplorasi, nilai cinta damai)
Bertanya jawab apa saja kesukaan anak-anak dalam melihat acara TV. Dan apakah kesukaan adik/kakak? Apa kesukaan ayah kalau nonton TV dsb
Guru mengakhiri pelajaran dengan membuat klarifikasi dari hasil diskusi siswa
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
PERTEMUAN KE 6 (ENAM)
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.(Religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Nama-Nama Hari” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Bertanya jawab tentang nama-nama hari dan hari ini hari apa? Pelajaran/tema yang akan dipelajari apa? Materi yang sudah dipelajari sebelumnya apa saja.?
Siswa dikondisikan untuk mengekspresikan diri
Guru menunjukkan macam-macam bentuk garis (ada garis lurus, lengkung, bintik, dan ada aneka bentuk:
bulat,
segitiga,
segi empat,
segi panjang dsb)
Semua siswa ditugaskan mengamati gambar, dan menjiplak garis, bentuk, warna, bintik dan bidang serta menyebutkan warna-warnanya di buku masing-2 (BI, Eksplorasi, Nilai disiplin)
Siswa ditugaskan untuk menirukan/membuat macam-macam garis di bukunya
Siswa menyebut nama-nama kotak, panjang, dsb
Terakhir semua siswa diminta melaksanakan nilai positif ”Berbudi Pekerti” dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti dari guru
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru Kelas 1
Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Sekolah : SD MANDALA 01
TEMA : AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU : 6 kali pertemuan @ 5 JP/hari (6 hari)
PERTEMUAN : 7 s.d 12
I STANDAR KOMPETENSI
BAHASA INDONESIA
1,. SK: (Mendengarkan) Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
2., SK: (Berbicara) Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi
3.. SK: (Membaca) Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
4,. SK: (Menulis) Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
5., SK: (Mendengarkan) Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
IPS 1.. SK : Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2., SK: Mendeskripsikan lingkungan rumah
MATEMATIKA
1., SK: (Bilangan) Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
2., SK: (Geometri dan Pengukuran) Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
PKn 1., SK: Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
IPA
1,. SK: (Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan) Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
3,. SK: (Benda dan Sifatnya) Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
ORJASKES 5,. SK: Menerapkan budaya hidup sehat
SENI BUDAYA 4,. SK: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
AGAMA 3.. SK: (Agama) Membiasakan perilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
1.,1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
1.,2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.,3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
2.,1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.,2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
3..1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
4.,1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.,2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.,3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
5.,2 Menyebutkan isi dongeng
IPS
1..1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
1..2 Menceriterakan pengalaman diri
1..3 Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
1..4 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
IPS 2,.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
MATEMATIKA
1.,1 Membilang banyak benda
1.,2 Mengurutkan banyak benda
2,.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
PKn
1.,1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
1.,2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
1.,3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
IPA 1.,1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
3.,1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
ORJASKES 5.,1 Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
SENI BUDAYA 4.,5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
AGAMA
3..1 Membiasakan perilaku jujur
3..2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3..3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.,4 Membiasakan perilaku disiplin
III. INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
Membedakan berbagai bunyi bahasa
MMelaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
Menyebutkan isi dongeng
IPS
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Menceriterakan pengalaman diri
Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
IPS Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
MATEMATIKA
Membilang banyak benda
Mengurutkan banyak benda
Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
PKn
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
IPA Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
ORJASKES Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
SENI BUDAYA Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
AGAMA
Membiasakan perilaku jujur
Membiasakan perilaku bertanggung jawab
Membiasakan perilaku hidup bersih
Membiasakan perilaku disiplin
IV. TUJUAN
BAHASA INDONESIA
Siswa dapat membedakan berbagai bunyi bahasa
Siswa dapat melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Siswa dapat menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Siswa dapat menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Siswa dapat mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
Siswa dapat menyebutkan isi dongeng
IPS
Siswa dapat mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
Siswa dapat menceriterakan pengalaman diri
Siswa dapat menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
Siswa dapat menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
IPS Siswa dapat menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
MATEMATIKA
Siswa dapat membilang banyak benda
Siswa dapat mengurutkan banyak benda
Siswa dapat menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
PKn
Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Siswa dapat memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Siswa dapat menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
IPA Siswa dapat mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
Siswa dapat mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
ORJASKES Siswa dapat menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
SENI BUDAYA Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
AGAMA
Siswa dapat membiasakan perilaku jujur
Siswa dapat membiasakan perilaku bertanggung jawab
Siswa dapat membiasakan perilaku hidup bersih
Siswa dapat membiasakan perilaku disiplin
V. MATERI
BAHASA INDONESIA
Bunyi bahasa
Identifikasi bunyi suara tertentu dengan tepat, seperti suara panggilan ibu dan nenek
Tokoh-tokoh dalam cerita
Cara memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Cara menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Cara membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Cara menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Cara menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Contoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
Isi dongeng
IPS
Identitas diri, keluarga, dan kerabat
Ceritera pengalaman diri
Kasih sayang antar anggota keluarga
Kikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
IPS Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
MATEMATIKA
Bilangan banyak benda
Urutan banyak benda
Waktu (pagi, siang, malam), hari, dan jam (secara bulat)
PKn
Perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
Contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
Sikap hidup rukun di rumah dan di sekolah
IPA Bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
Benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
ORJASKES Kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
SENI BUDAYA Lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
AGAMA
Perilaku jujur
Perilaku bertanggung jawab
Perilaku hidup bersih
Perilaku disiplin
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Cooperatif Learning
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 7 (TUJUH)
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (Religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Semua siswa ditugaskan mengamati gambar dan bertanya jawab tentang siapa saja yang ada dalam gambar tersebut. Berapa jumlah orang dalam gambar
Semua siswa ditugaskan untuk menyelesaikan gambarnya dengan cara menghubungkan titik-2 serta memberi warna. (PKn & PS, BI, MAT & SENI-BUDAYA, eksplorasi, disiplin)
Menugaskan siswa berkelompok dengan cara mencari pasangan
adik +kakak;
kakek +nenek;
Ayah + Ibu
Semua siswa mencari pasangannya dan setelah menemukan pasangannya (kelompok berpasangan) ditugaskan mengerjakan unsur rupa pada tabel di
Hasil pekerjaan diwarnai dan dikumpulkan kepada guru sebagai bagian dari portofolio.
Mengajak semua siswa menyanyikan lagu “dua Mata saya”
Setelah semua siswa lancar menyanyi, diiringi tepuk tangan serempak (dikomando guru agar kompak). Kekompakan ini untuk mengawali ketercapaian indikator musik pada Mata pelajaran Kertakes. (BI, ORJAS, SENI-BUDAYA, MATEMATIKA & IPA, elaborasi, rasa ingin tahu).
Mengelompokkan siswa dengan teman sebangkunya diminta mengerjakan table dengan mengacu pada gambar keluarga
Selanjutnya semua ditugaskan untuk mengidentifikasi macam-macam indera sebagaimana pada lagu yang telah dinyanyikan diatas, dan meminta semua siswa belajar menulis tentang kegunaan setiap anggota tubuh.
Mata jumlah ada …. Gunanya untuk apa
Hidung ada …. Gunanya untuk ….
Telinga ada …. Gunanya untuk ….
Kaki ada …. Gunanya untuk ….
Dan seterusnya (Elaborasi, nilai rasa Ingin tahu )
Untuk pemahaman, dapat memanggil beberapa siswa untuk demontrasi menunjukkan bagian-bagian tubuhnya (BI, Orjaskes, Seni Budaya, MAT & IPA).
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” atau karakter bangsa dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
PERTEMUAN KE 8 (DELAPAN)
LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (Religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Mengajak semua siswa mengamati gambar anggota tubuh yang perlu dirawat dengan baik seperti:
Rambut harus keramas
Mata diberi penyegar/vitamin
Telinga dibersihkan
Gigi disikat
Kuku dipotong
Tangan yang ktoro harus dicuci
Alat-alat makan harus dicuci
Dan sebagainya
2) Bertanya jawab mengapa semua itu harus dilakukan? Dan bagaimana cara melakukannya.
3) Pada Bagian “Ayo Bercerita” siswa ditugaskan untuk membawa foto (bisa ibu, ayah, kakek atau siapa saja yang dikenal siswa) dan ditempelkan di dalam kotak. Siswa diminta mengamati kartu huruf
Semua siswa diajak bermain kartu huruf dengan cara mengambil kartu huruf dan menyebutkannya di depan kelas (dengan cara dilombakan, siapa yang paling banyak menyebutkan kartu huruf akan mendapat hadiah permen) Setelah selesai berlomba
Semua siswa ditugaskan untuk menempelkan huruf-huruf itu di bahwa foto yang ada, sambil membacanya keras-keras, dan semua siswa ditugaskan menuliskannya di buku catatannya masing-masing dengan huruf sambung
sesuai petunjuk atau contoh dari guru (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes, Eksplorasi, elaborasi, mandiri)
Siswa dikelompokkan dengan cara mencari pasangan sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya,
Setelah mendapatkan pasangannya, semua pasangan ditugaskan mengamati gambar, dan menceritakan peristiwa yang ada pada gambar bersama pasangannya.
Setelah diperoleh ceritanya, semua siswa diminta kembali ke bangkunya sendiri, kemudian ditugaskan saling menceritakan peristiwa gambar tersebut kepada teman sebangkunya (apakah cerita yang dibangun dengan teman pasangan tadi sama dengan yang diceritakan kepada teman sebangkunya atau tidak) (BI, (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes, eksplorasi, elaborasi, tanggung jawab)
Semua kelompok pasangan ditugaskan mengerjakan tugas dan mendeskripsikan nama benda-benda yang ada dan warnanya
Bertanya jawab dengan siswa (diskusi kelas) membahas peristiwa dalam gambar, apakah siswa pernah mengalami sebagaimana pada gambar tersebut.? Dan apa yang harus dilakukan anak .? (Pengembangan cerita siswa) (MAT, BI, (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes, eksplorasi, elaborasi dan nilai mandiri)
Bagian “Ayo Berhitung” mengajak siswa untuk memahami Matematika dengan cara mengamati gambar, Guru menceritakan makna gambar dan bertanya jawab untuk mengidentifikasi siapa saja yang ada pada gambar. Bertanya jawab tentang isi peristiwa dalam gambar, berapa jumlah yang membaca surat kabar, membaca majalah dan seterusnya. (BI, PKn, Mat, IPS, IPA,Orkes, konfirmasi, tanggung jawab, mandiri)
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” dan Karakter bangsa, diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
PERTEMUAN KE 9 (SEMBILAN)
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Semua siswa diajak bertanya jawab untuk menjawab pertanyaan bagian “Ayo berhitung”
Semua siswa ditugaskan untuk berlatih menulis angka-angka bilangan 1 sampai dengan 5 dan menyebutkan berapa banyak jumlah orang dalam gambar. Sambil membandinghkan mana yang jumlahnya lebih banyak, lebih sedikit. Dan menugaskan semua untuk:
Menulis jumlah orang dengan angka
menulis lambang bilangan
cara menulis
cara membaca
semua siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya dan ditugaskan untuk mengamati gambar dan mengerjakan soal-soalnya.
Semua siswa ditugaskan untuk memperhatikan gambar, dan menulis angka di dalam kotak
Untuk menghilangkan kejenuhan, semua siswa diajak ber main-main pada bagian “Ayo Bermain”, semua siswa diminta berkelompok dengan teman sebangkunya mengamati gambar dan mencari mana yang salah pada gambar tersebut. Memanggil salah satu siswa untuk bercerita di depan kelas (yang berani maju) (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, nilai kerjasama)
Bagian “Cakrawala” Guru memberikan wawasan tambahan kepada siswa bahwa yang berbunyi “satu” bisa diganti dengan angka “1“, “dua” bisa diganti dengan angka “2” dan seterusnya. (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, eksplorasi, )
Semua siswa ditugaskan belajar menulis angka atau lambang bilangan secara urut 1 sampai dengan 5 dan bagaimana cara membacanya, dibaca keras-keras bersama-sama, sambil diminta mengamati gambarnya. Kemudian dilanjutnya membandingkan mana yang lebih banyak, dan mana yang lebih sedikit jumlahnya (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, elaborasi, nilai mandiri)
Untuk pengembangan semua siswa diajak mengamati lingkungan kelas, dan menunjuk gambar-gambar atau diajak menghitung jumlah papan, bangku, kursi dan sebagainya. Untuk menyebutkan banyak benda, dan membandingkannya. (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, eksplorasi dan elaborasi, nilai peduli lingkungan)
Semua siswa ditugaskan mengerjakan soal dengan cara di pandu guru secara lisan, (siswa yang mengamati gambar dan guru memberikan pertanyaan/membacakan soalnya) bisa menunjuk siswa secara bergantian atau menunjuk siswa yang berani angkat tangan. Setelah dirasa sebagian besar siswa dapat memahami dan menjawab soal, dilanjutkan belajar menuliskan jawabannya pada kertas atau buku siswa. Semua jawaban siswa dikumpulkan untuk salah satu bahan portofolio. (MAT, BI, PKn, IPS, IPA, konfirmasi, tanggung jawab)
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
PERTEMUAN KE 10 (SEPULUH)
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Semua siswa diminta mengamati gambar pada bagian “Ayo Belajar” dan mengerjakan soalnya
Siapa nama ibu
Nama ayah
Nama bibi
Nama paman
Dan seterusnya
Bagian “Berbudi Pekerti” Guru membiasakan dan menceritakan bagaimana seharusnya bersikap di dalam keluarga, dngan teman, dengan guru dan sebagainya
Setelah semua siswa menuliskan nama-nama anggota keluarganya sesuai dengan kata dalam daun (misalnya kata ayah, dibawahnya ditulis nama ayahnya sendiri,
Dan semua siswa diajak menghitung berapa jumlah daunnya,
Di atas pohon ada burung, berapa jumlahnya
dan siapa yang menciptakannya. Di selingi dengan dinamika dan menyanyikan lagu “Satu-Satu aku sayang ibu…” (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama, nilai cinta damai)
semua siswa diajak bertanya jawab tentang materi-materi sebelumnya
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” /karakter bangsa dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
PERTEMUAN KE 11 (SEBELAS)
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (religius, BI, PKn)
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Nama-nama Rasa” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama lanjutan (Aku Dan Keluargaku)
2. Kegiatan Inti
Semua siswa diminta mengamati gambar dan diajak mengidentifikasi nama-nama anggota tubuh
Nama anggota tubuh (mata, tangan, hidung, mulut dsb)
Kegunaan anggota tubuh
Jumlah anggota tubuh
Dan sebagainya
Semua siswa diminta berkelompok dengan teman sebangkunya dan belajar menulis hal-hal sebagai berikut:. (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama, nilai komunikasi/persahabatan, toleransi, eksplorasi)
Nama diri sendiri (nama panjang dan nama panggilan)
Nama orang tua (ayah dan ibu)
Nama kakek dan nenek (dari ayah dan dari ibu)
Nama paman dan bibi (dari ayah dan dari ibu)
Bertanya jawab bahwa semua yang ada di dunia ini ada yang menciptakannya dan siapa yang menciptakannya.
Mengajak semua siswa berdinamika dan menyanyikan lagu “Satu-Satu aku sayang ibu…” (BI, PKn, IPA, MAT, Orkes, Agama, nilai cinta damai)
Mengadakan penilaian tertulis dan lisan
Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” /karakter bangsa dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang Keluarga
Lingkungan keluarga
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)