MEMAHAMI KEGIATAN REMEDIAL DAN
PENGAYAAN
UNTUK PERBAIKAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Remedial
Kegiatan
remedial adalah kegiatan yang ditujukan untuk membantu siswa yang mengalami
kesulitan dalam menguasai materi pelajaran. Sesuai dengan pengertiannya, tujuan
kegiatan remedial ialah membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku.
2. meningkatkan pemahaman guru dan
siswa terhadap kelebihan dan kekurangan dirinya (fungsi pemahaman);
Perbedaan kegiatan remedial dari pembelajaran biasa
terletak pada pendekatan yang digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran. Kegiatan remedial direncanakan dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan
individu atau kelompok siswa. Sedangkan pembelajaran biasa menerapkan
pendekatan klasikal, baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.
Kegiatan
remedial dapat dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu
siswa yang diduga akan mengalami kesulitan (preventif); setelah kegiatan
pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
(kuratif); atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa
(pengembangan).
Dalam
melaksanakan kegiatan remedial guru dapat menerapkan berbagai metode dan media
sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan tingkat kemampuan siswa serta
menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki siswa.
Kegiatan pengayaan adalah kegiatan yang diberikan
kepada siswa kelompok cepat agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara
optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya.
Kegiatan pengayaan dilaksanakan dengan tujuan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam penguasaan materi
pelajaran yang berkaitan dengan tugas belajar yang sedang dilaksanakan sehingga
tercapai tingkat perkembangan yang optimal.
Tugas yang dapat diberikan guru pada siswa yang
mengikuti kegiatan pengayaan di antaranya adalah memberikan kesempatan menjadi
tutor sebaya, mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas,
membuat hasil karya, melakukan suatu proyek, membahas masalah, atau mengerjakan
permainan yang harus diselesaikan siswa. Apapun kegiatan yang dipilih guru,
hendaknya kegiatan pengayaan tersebut menyenangkan dan mengembangkan kemampuan
kognitif tinggi sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan tugas yang
diberikan.
3.
faktor waktu.
CONTOH
PROGRAM REMEDIAL
Nama Sekolah : SDN 2
Braja Yekti
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas / Smester : VI/ Ganjil
Ulangan Ke : 1
Tanggal Ulangan : 10 Juli 2010
Bentuk Soal : Uraian
Jumlah Soal : 5
Materi Ulangan (
KD/ Indikator ) : 1.1
Mendiskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
: peumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
:
1.1.1 Mendiskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan
: 1.1.2 Menceritakan arti dan nilai
Kebangkitan Nasional
:
1.1.3 Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
Rencana Ulangan
Ulang : 17 Juli 2010
KKM Mata
Pelajaran : 75
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Nilai
Ulangan
|
KD/ Indikator
Yang Tak Dikuasai
|
No. Soal Yang Dikerjakan Dalam Tes Ulang
|
Hasil
|
1
|
Febri Ananda
|
40
|
1, 2, 3
|
3, 4, 5
|
85
|
2
|
Dimas Ferianto
|
65
|
2, 3
|
4, 5
|
90
|
3
|
Tri Utami
|
70
|
3
|
5
|
100
|
4
|
Dst.nya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
- Pada kolom nomor soal yang akan dikerjakan, diambil dari nomor-nomor soal yang tidak dapat dikerjakan dan yang sesuai dengan indikatornya masing-masing.
- Pada kolom hasil diisi nilai hasil ulangan ulang, walaupun nlai yang nantinya diolah adalah sebatas nilai ketuntasan ( KKM )
CONTOH
PROGRAM PENGAYAAN
Nama Sekolah : SDN 2 Braja
Yekti
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas / Smester : VI/ Ganjil
Pengayaan Ke : 1
Tanggal Pengayaan : 10 Juli 2010
Bentuk Pengayaan : Diskusi Kelompok
Materi Pengayaan : Pemahaman butir
sila Pancasila
Materi Ulangan (
KD/ Indikator ) : 1.1
Mendiskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
: peumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
:
1.1.1 Mendiskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan
: 1.1.2 Menceritakan arti dan nilai
Kebangkitan Nasional
:
1.1.3 Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
Rencana Pengayaan
:
17 Juli 2010
KKM Mata
Pelajaran : 75
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Nilai
Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
1
|
Fatu Rohman
|
90
|
Menambah
pemahaman melalui diskusi kelompok dengan topik yang aktual :
|
2
|
Fifi Irawati
|
85
|
|
3
|
Aminah
|
95
|
|
4
|
Doni Saputra
|
80
|
|
5
|
Endah Lestari
|
75
|
|
6
|
Dst.nya
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CONTOH
PROGRAM REMEDIAL
Nama Sekolah :
.......................................................................................
Mata Pelajaran :
.......................................................................................
Kelas / Smester :
.......................................................................................
Ulangan Ke :
.......................................................................................
Tanggal Ulangan :
.......................................................................................
Bentuk Soal :
.......................................................................................
Jumlah Soal :
.......................................................................................
Materi Ulangan ( KD/ Indikator ) :
.......................................................................................
:
.......................................................................................
:
.......................................................................................
:
.......................................................................................
:
.......................................................................................
Rencana Ulangan Ulang :
.......................................................................................
KKM Mata Pelajaran :
.......................................................................................
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Nilai
Ulangan
|
KD/ Indikator
Yang Tak Dikuasai
|
No. Soal Yang Dikerjakan Dalam Tes Ulang
|
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
- Pada kolom nomor soal yang akan dikerjakan, diambil dari nomor-nomor soal yang tidak dapat dikerjakan dan yang sesuai dengan indikatornya masing-masing.
- Pada kolom hasil diisi nilai hasil ulangan ulang, walaupun nlai yang nantinya diolah adalah sebatas nilai ketuntasan ( KKM )
Mengetahui Raman
Utara, .............................. 2010
Kepala SDN
..................................... Guru Kelas / Mapel
.......................................................... ..............................................................
NIP NIP
CONTOH
PROGRAM PENGAYAAN
Nama Sekolah :
.......................................................................................
Mata Pelajaran :
.......................................................................................
Kelas / Smester :
.......................................................................................
Pengayaan Ke :
.......................................................................................
Tanggal Pengayaan :
.......................................................................................
Bentuk Pengayaan :
.......................................................................................
Materi Pengayaan :
.......................................................................................
Materi Ulangan ( KD/ Indikator ) :
.......................................................................................
:
.......................................................................................
:
.......................................................................................
:
.......................................................................................
Rencana Pengayaan :
.......................................................................................
KKM Mata Pelajaran :
.......................................................................................
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Nilai
Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
- Pada kolom bentuk pengayaan disi dengan kegiatan yang dapat mengembangkan potensi siswa dengan memanfaatkan media yang ada, dapat melalui tugas kelompok,tutor sebaya,latihan-latihan atau mengerjakan tugas portofolio.
Mengetahui Raman
Utara, .............................. 2010
Kepala SDN
..................................... Guru Kelas / Mapel
.......................................................... ..............................................................
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar