Minggu, 06 Januari 2013

Perbaikan Pembelajaran (remedial)

MEMAHAMI KEGIATAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
UNTUK PERBAIKAN PEMBELAJARAN


1. Kegiatan Remedial
Kegiatan remedial adalah kegiatan yang ditujukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran. Sesuai dengan pengertiannya, tujuan kegiatan remedial ialah membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku.
Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, fungsi kegiatan remedial adalah:
1.    memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru (fungsi korektif);
2.    meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan dirinya (fungsi pemahaman);
3.    menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa (fungsi penyesuaian);
4.    mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran (fungsi akselerasi); dan
5.    membantu mengatasi kesulitan siswa dalam aspek sosial-pribadi (fungsi terapeutik).

Perbedaan kegiatan remedial dari pembelajaran biasa terletak pada pendekatan yang digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan remedial direncanakan dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan individu atau kelompok siswa. Sedangkan pembelajaran biasa menerapkan pendekatan klasikal, baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.
Kegiatan remedial dapat dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang diduga akan mengalami kesulitan (preventif); setelah kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar (kuratif); atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa (pengembangan).
Dalam melaksanakan kegiatan remedial guru dapat menerapkan berbagai metode dan media sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan tingkat kemampuan siswa serta menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki siswa.
Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam kegiatan remedial adalah:
1.    analisis hasil diagnosis kesulitan belajar,
2.    menemukan penyebab kesulitan,
3.    menyusun rencana kegiatan remedial,
4.    melaksanakan kegiatan remedial, dan
5.    menilai kegiatan remedial.
2. Kegiatan Pengayaan

Kegiatan pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal dengan memanfaatkan sisa waktu yang dimilikinya.
Kegiatan pengayaan dilaksanakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam penguasaan materi pelajaran yang berkaitan dengan tugas belajar yang sedang dilaksanakan sehingga tercapai tingkat perkembangan yang optimal.
Tugas yang dapat diberikan guru pada siswa yang mengikuti kegiatan pengayaan di antaranya adalah memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya, mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas, membuat hasil karya, melakukan suatu proyek, membahas masalah, atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa. Apapun kegiatan yang dipilih guru, hendaknya kegiatan pengayaan tersebut menyenangkan dan mengembangkan kemampuan kognitif tinggi sehingga mendorong siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan.
Dalam memilih dan melaksanakan kegiatan pengayaan, guru harus memperhatikan:
1.    faktor siswa, baik faktor minat maupun faktor psikologis lainnya,
2.    faktor manfaat edukatif, dan
3.    faktor waktu.















CONTOH PROGRAM REMEDIAL
Nama Sekolah                                     : SDN 2 Braja Yekti
Mata Pelajaran                                    : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Smester                                   : VI/ Ganjil
Ulangan Ke                                         : 1
Tanggal Ulangan                                 : 10 Juli 2010
Bentuk Soal                                        : Uraian
Jumlah Soal                                         : 5
Materi Ulangan ( KD/ Indikator )       : 1.1 Mendiskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
                                                            :       peumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
                                                            : 1.1.1 Mendiskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan
                                                            : 1.1.2 Menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional
                                                            : 1.1.3 Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
                                                           
Rencana Ulangan Ulang                     : 17 Juli 2010
KKM Mata Pelajaran                          : 75

No
Nama Peserta
Didik
Nilai
Ulangan
KD/ Indikator
Yang Tak Dikuasai
No. Soal Yang Dikerjakan Dalam Tes Ulang
Hasil
1
Febri Ananda
40
1, 2, 3
3, 4, 5
85
2
Dimas Ferianto
65
2, 3
4, 5
90
3
Tri Utami
70
3
5
100
4
Dst.nya



































Keterangan :

  1. Pada kolom nomor soal yang akan dikerjakan, diambil dari nomor-nomor soal yang tidak dapat dikerjakan dan yang sesuai dengan indikatornya masing-masing.
  2. Pada kolom hasil diisi nilai hasil ulangan ulang, walaupun nlai yang nantinya diolah adalah sebatas nilai ketuntasan ( KKM )




















CONTOH PROGRAM PENGAYAAN


Nama Sekolah                                     : SDN 2 Braja Yekti
Mata Pelajaran                                    : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Smester                                   : VI/ Ganjil
Pengayaan Ke                                     : 1
Tanggal Pengayaan                             : 10 Juli 2010
Bentuk Pengayaan                              : Diskusi Kelompok
Materi Pengayaan                               : Pemahaman butir sila Pancasila
Materi Ulangan ( KD/ Indikator )       : 1.1 Mendiskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
                                                            :       peumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
                                                            : 1.1.1 Mendiskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan
                                                            : 1.1.2 Menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional
                                                            : 1.1.3 Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
                                                           
Rencana Pengayaan                            : 17 Juli 2010
KKM Mata Pelajaran                          : 75

No
Nama Peserta
Didik
Nilai
Ulangan
Bentuk Pengayaan
1
Fatu Rohman
90
Menambah pemahaman melalui diskusi kelompok dengan topik yang aktual :

  1. Berikan contoh tindakan rela berkorban untuk bangsa dan negara !
  2. Dimana perbedaan bunyi sila dalam Pancasila dengan bunyi Piagam Jakarta !
2
Fifi Irawati
85
3
Aminah
95
4
Doni Saputra
80
5
Endah Lestari
75
6
Dst.nya

7


8


9


10


11
































CONTOH PROGRAM REMEDIAL


Nama Sekolah                                     : .......................................................................................
Mata Pelajaran                                    : .......................................................................................
Kelas / Smester                                   : .......................................................................................
Ulangan Ke                                         : .......................................................................................
Tanggal Ulangan                                 : .......................................................................................
Bentuk Soal                                        : .......................................................................................
Jumlah Soal                                         : .......................................................................................
Materi Ulangan ( KD/ Indikator )       : .......................................................................................
                                                            : .......................................................................................
                                                            : .......................................................................................
                                                            : .......................................................................................
                                                            : .......................................................................................
Rencana Ulangan Ulang                     : .......................................................................................
KKM Mata Pelajaran                          : .......................................................................................

No
Nama Peserta
Didik
Nilai
Ulangan
KD/ Indikator
Yang Tak Dikuasai
No. Soal Yang Dikerjakan Dalam Tes Ulang
Hasil





































Keterangan :
  1. Pada kolom nomor soal yang akan dikerjakan, diambil dari nomor-nomor soal yang tidak dapat dikerjakan dan yang sesuai dengan indikatornya masing-masing.
  2. Pada kolom hasil diisi nilai hasil ulangan ulang, walaupun nlai yang nantinya diolah adalah sebatas nilai ketuntasan ( KKM )

Mengetahui                                                                 Raman Utara, .............................. 2010
Kepala SDN .....................................                          Guru Kelas / Mapel




..........................................................                          ..............................................................
NIP                                                                             NIP

CONTOH PROGRAM PENGAYAAN

Nama Sekolah                                     : .......................................................................................
Mata Pelajaran                                    : .......................................................................................
Kelas / Smester                                   : .......................................................................................
Pengayaan Ke                                     : .......................................................................................
Tanggal Pengayaan                             : .......................................................................................
Bentuk Pengayaan                              : .......................................................................................
Materi Pengayaan                               : .......................................................................................
Materi Ulangan ( KD/ Indikator )       : .......................................................................................
                                                            : .......................................................................................
                                                            : .......................................................................................
                                                            : .......................................................................................
Rencana Pengayaan                            : .......................................................................................
KKM Mata Pelajaran                          : .......................................................................................

No
Nama Peserta
Didik
Nilai
Ulangan
Bentuk Pengayaan





























Keterangan :
  1. Pada kolom bentuk pengayaan disi dengan kegiatan yang dapat mengembangkan potensi siswa dengan memanfaatkan media yang ada, dapat melalui tugas kelompok,tutor sebaya,latihan-latihan atau mengerjakan tugas portofolio.

Mengetahui                                                                 Raman Utara, .............................. 2010
Kepala SDN .....................................                          Guru Kelas / Mapel




..........................................................                          ..............................................................
NIP                                                                             NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar